Home > Ternak Burung > Cara Ternak Burung Kenari

Cara Ternak Burung Kenari

Langkah Budidaya Ternak Burung Kenari memanglah gampang-gampang sulit kita mesti lebih cermat serta cermat saat bakal budidaya ternak burung kenari ini, kita mesti menentukan bibit yang bagus serta tempat atau tempat yang cukup besar, cermati juga lingkungannya lantaran burung kenari benar-benar peka sekali pada lingkungan yang kotor.

Pada session saat ini, saya bakal mengulas tentang apapun yang butuh di perhatikan serta langkah ternak kenari yang umum dipakai untuk evaluasi serta bisa anda kembangkan sendiri sesuai sama apa yang diinginkan anda.

ternak kenari

Cara ternak kenari

Sesudah berhasil ternak kenari, kita dapat jual kembali hasil budidaya kenari kita, tetapi inti dari ternak kenari yang baik yaitu untuk penelitian serta proyek percobaan kawin silang kenari.

Maka tak heran bila waktu ini sangat banyak orang yang berusaha untuk ternak kenari serta jadi penangkar burung kenari ini.

Untuk anda yg tidak tahu bagaimana caranya ternak budidaya burung kenari yang bagus serta baik saat ini anda dapat memperolehnya di bawah ini.

1. Umur Kenari Yang Ideal Untuk Diternak
Umur yaitu satu diantara poin utama yang harus di perhatikan bila kita mau sukses beternak kenari. Baiknya umur ideal kenari siap ternak yaitu tak terlampau muda serta tak terlampau tua. Burung kenari siap ternak umumnya berusia sekurang-kurangnya 6 bln. untuk kenari betina serta umur 8 bln. untuk kenari jantan. Tetapi untuk kenari yang bertubuh besar seperti Kenari Yorkshire, umur minimum yaitu 1 th.. Lantaran Yorkshire lebih lama saat menuju birahinya.

2. Bisa Membedakan Kenari Jantan serta Betina
Untuk peternak/breeder kenari, telah adalah keharusan mutlak untuk tahu serta kuasai langkah membedakan kenari jantan serta betina. Tak susah membedakan kelamin kenari untuk peternak senior. Mereka pastinya telah hapal sesudah sesaat lihat postur badan kenari. Untuk anda pemula yang mau tahu langkahnya, baca artikel pada mulanya perihal langkah membedakan kenari jantan serta betina.

3. Fasilitas Serta Tempat Beternak Kenari
Beternak kenari tidaklah sesimple yang kita pikirkan. Sedikit saja kita melupakan beberapa hal kecil, maka kita bakal kecewa bila gagal dalam budidaya kenari. Misal hal remeh yaitu posisi kandang ternak kenari. Mengapa lingkungan kandang ternak serta fasilitas itu utama? Lantaran bila kita salah dalam menyimpan kandang kenari, maka sangat banyak binatang predator yang bakal memangsa kenari kita. Penempatan kandang yang baik yakni sangkar atau kandang kenari melekat di dinding, samping kiri serta kanan sangkar ditutup. Serta letakkan sangkar ditempat yang bebas dari masalah serangga atau binatang yang lain seperti tikus, cicak serta predator yang lain.

Cara-cara untuk menangani masalah dari serangan seperti semut serta kecoa, kita dapat kapur serangga (kapur ajaib) di sekitar sangkar. Bila ukuran kandang ternak besar, kita dapat memoleskan oli pada kaki kaki kandangnya. Sedang untuk menangani masalah tikus dengan meletakkan sangkar di dinding.

Dengan demikian bisa meminimalisir serangan tikus. Tetapi terkadang tikus juga melalui celah yang kita lupakan. Kandang paling baik yaitu kandang aluminium yang rapat serta kokoh. Kendari tikus cuma mengambil pakan kenari, bila kita lengah maka tikus dapat juga memangsa kenari kita.

4. Sistem Menjodohkan Burung Kenari
Bila anda telah memiliki sepasang kenari berkwalitas yang cukup usia serta siap diternak, maka kita telah dapat memasukkan kenari itu ke step penjodohan. Sistem menjodohkan kenari yakni kenari jantan serta betina di letakkan pada sangkar yang tidak sama. Tetapi ke-2 sangkar itu mesti di taruh pada posisi yang berdekatan. Satu diantara kekeliruan ternak kenari yang kerap berlangsung yakni beberapa peternak pemula buru – buru memasukkan kenari jantan serta betina ke dalam satu wadah. Hal semacam ini lah pemicu utama kegagalan penjodohan burung kenari. Lantaran kenari serta betina belum pasti pas keduanya. Karenanya ada sistem penjodohan (menyimpan kandang kenari dengan cara berdampingan), maka kita bisa tahu kesiapan kenari untuk dikawinkan. Bila ke-2 kenari tak pas kita masukkan dalam satu sangkar, maka ke-2 kenari itu bakal berantem. Jika berlangsung perkelahian di antara ke-2 kenari berjalan lama serta satu diantara kenari kalah, maka kita bakal kesusahan dalam menjodohkan ke-2 kenari tersbut nantinya. Terlebih bila kenari yang kalah yaitu kenari jantan, maka si jantan bakal trauma serta tak berani mendekat pada betina. Dapat disebut bila berlangsung hal seperti itu, maka penjodohan kenari kita tidak berhasil 70% untuk nantinya.

Tersebut disini sedikit panduan menambah birahi kenari :
Burung kenari kita perbanyak makanannya dengan pakan kenari yang bergizi tinggi, contoh telor puyuh, multivitamin serta lain lain. Kita jemur burung kenari kita tiap-tiap pagi hari, lantaran matahari pagi benar-benar baik untuk kesehatan serta turunkan tingkat stress burung. Pada waktu menjemur, kita upayakan kita dekatkan selalu dua kenari yang tengah dijodohkan. Bila kita memiliki kenari jantan yang lain, sekali sekali bisa kita jemur berbarengan dengan jantan yang lain, maksudnya supaya birahi kenari betina bisa meningkat.

5. Sistem Ternak Burung Kenari
Sistem paling akhir serta paling menarik yaitu sistem ternak kenari. Langkahnya yakni dengan menjadikan satu ke-2 kenari (jantan serta betina) ke dalam satu sangkar. Tetapi, dalam akhir sistem budidaya kenari ini terus ada kemungkinan kegagalan walau prosentase nya rendah. Terdapat banyak hal yang butuh kita cermati. Salah satunya ciri kenari yang siap ternak.

Ciri – ciri kenari siap ternak (berhasil serta jodoh) :
Waktu kenari jantan didekatkan dengan kenari betina, maka jantan bakal tampak menguber/menabrak kandang ternak kenari dengan bunyi yang keras, sedang kenari betina bakal menggelepar-geleparkan sayap, itu yaitu tandanya bahwasanya si betina siap serta minta dikawinkan. Lalu pada sore hari mendekati tidur, ke-2 kenari itu bakal tidur berdekatan. Terkadang – terkadang kenari betina serta jantan bakal tampak sama-sama meloloh makanan. Bila di dalam sangkar kenari betina kita beri sarang beserta berisi, maka kenari betina bakal rajin membereskan sarang. Bila isi sarang telah disusun itu bermakna si kenari betina siap ternak.

Banyak type kenari yang sudah terkenal waktu ini adalah hasil ternak kenari dari beberapa peternak/breeder yang nekad menyilangkan banyak varian burung kenari.

Tetapi banyak pakar ternak kenari yang menjadikan satu ke-2 kenari pada sore hari supaya hasil lebih maksimal.

Itulah beberapa tips yang dapat admin utarakan, untuk informasi lain seputar kandan dan harganya silahkan klik disini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: